-->

6 Manfaat dan Kandungan Tomat yang Baik Untuk Ibu Hamil Tua!

Banyaknya Manfaat tomat yang harus Kalian ketahui, Seperti mengatasi mata panda dan kecantikan. Bukan hanya itu saja, ada lagi manfaat selanjutnya ialah Manfaat tomat untuk ibu hamil. Ya benar, di karenakan janin pada ibu hamil harus memiliki asupan dan nutrisi yang lebih dari sebelumnya. Nah, Ternyata peranan penting pada manfaat tomat untuk ibu hamil ini benar benar memberikan nutrisi serta asupan yang sangat cukup untuk si buah hati yang masih di dalam kandungan, Tomat bisa di konsumsi secara langsung ataupun bisa di buatkan menjadi jus atau sebagai pelengkap makanan agar tetap mendapatkan manfaat tomat untuk ibu hamil.

6 Manfaat dan Kandungan Tomat yang Baik Untuk Ibu Hamil Tua!
sumber : hellosehat.com

Untuk Kalian yang belum mengetahui apa saja khasiat tomat untuk ibu mengandung. Alangkah baiknya, Kalian langsung simak penjelasan berikut ini mengenai manfaat tomat bagi ibu mengandung, agar Kalian lebih paham!

Manfaat Tomat Untuk Ibu Hamil Tua

Berikut ini merupakan deretan berupa manfaat tomat untuk ibu hamil yang sudah admin rangkum secara jelas.

1. Meminimalisir Kecacatan Pada Bayi

Ada satu senyawa yang terdapat di dalam tomat yang cukup banyak ialah asam folat. Asam folat tersendiri juga mampu untuk mengoptimalkan pertumbuhan pada otak janin yang di kandung sang ibu hamil.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Florida, mengakui bahwa senyawa asam folat yang terkandung di dalam tomat cukup banyak, dan ini menjadi antisipasi kecacatan pada calon bayi.

2. Menjaga Sel-Sel Agar Tidak Mudah Rusak

Informasi yang beredar dari berbagai ahli kesehatan, Bahwa bila ibu hamil sering mengkonsumsi tomat maka disaat itu pun akan mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah dan kecapean.

Senyawa likopen atau yang termasuk antioksidan ini berfungsi untuk memerangi sel sel yang dapat membuat tubuh menjadi tidak sempurna, oleh sebab itu. likopen ini berkeja agar lebih memaksimalkan sel sel agar bekerja dengan baik.

3. Pengembangan Sel Pada Janin

Ini merupakan manfaat yang paling utama untuk ibu yang sedang mengandung adalah membetuk perkembangan sel pada si janin. Likopen ini mampu untuk membantu mengembangkan sel janin, Karena kandungan likopen ini berfungsi juga untuk meningkatkan komunikasi antar sel.

Tak hanya itu, Kandungan protein pada tomat juga berfungsi dalam pembentukan sel sel darah, sel otak pada si janin, serta ciaran ketuban pada ibu.

4. Membentuk Sel Darah Merah dan Membentuk Plasenta

Kandungan Tomat memiliki Suplai vitamin C yang sangat tingg. Jika sang ibu sering mengkonsumsi tomat. Maka Vitamin C pada tomat akan memperlancar menyerap zat besi, dan Akan melancarkan aliran sel sel darah merah ke janin untuk membentuk plasenta yang baik.

5. Mengatasi Anemia

Anemia pasti akan di alami oleh ibu hamil. Oleh karena itu, Apabila ibu yang sedang mengandung sering mengonsumsi tomat maka vitamin C dapat memerangi anemia dikarenakan karena lancarnya penyerapan zat besi.

6. Mengatasi Darah Rendah

Darah rendah atau yang sering di sapa dengan hipotensi adalah hal yang sangat lumrah yang sering di alami oleh ibu hamil. Kandungan likopen, bioflafanoid, dan garam mampu untuk mencegah atau mengatasi darah rendah bagi ibu hamil.

Kandungan Tomat Untuk Ibu Hamil

1. Kalsium

Ibu hamil lebih banyak membutuhkan asupan kalsium yang tinggi dari orang lainnya. Biasanya, Orang biasa membutuhkan kalsium sekita 1 g/hari. Sedangkan, ibu hami membutuhkan lebih banyak ialah sekitar 1.5 g/hari. Manfaat pada tomat ini sudah banyak di ketahui sebagai penghasil kalsium yang banyak. Kalsium ini membantu mencegah terjadinya masalah kehamilan dan pastinya menjaga baik perkembangan janinnya.

Ibu hamil akan mendapatkan masalah apa bila asupan kaslium tidak terpenuhi, antara lain:

  • Terjadinya pengeroposan tulang
  • Pertumbuhan tulang janin tidak sempurna
  • Perkembangan bayi akan terhambat
  • dan, Terjadinya kram saat hamil
Teruslah konsumsi tomat agar kebutuhan asupan saat hamil tercukupi dengan sangat baik.

2. Vitamin C

Zat besi yang di butuhkan oleh seorang ibu hamil sekitar 200-300%. Zat besi ini di butuhkan bagi ibu hamil utnuk membentuk plasenta dan sel darah merah yang baik. Hubungan dengan vitamin c ialah sebagai pembantu penyerapan zat besi hingga 30%. Kebutuhan zat besi yang besar makan vitamin c yang pun di butuhkan sangat besar karena untuk membantu penyerapan. Tetapi jangan khawatir.Vitamin C yang di hasilkan dari tomat sangat banyak, maka akan tercukupi apa bila zat besi membutuhkan banyak.

3. Vitamin A

Untuk vitamin A, Ibu hamil membutuhkan lebih banyak di bandingkan orang biasa pada umumnya, orang biasa membutuhkan sebanyak 77 mikro gram, atau sekitar 2.566 IU di setiap harinya. Tetapi, untuk ibu hamil membutuhkan 1300 mikro gram, atau sekitar 4.330 IU di setiap harinya. Bila vitamin A terpenuhi maka akan memperbaiki jaringan setelah proses persalinan dan juga membantu menjaga fungsi penglihatan serta memerangi atau melawan serangan infeksi.

Akan menjadi masalah bagi ibu hamil bila mengkonsumsi vitamin A berlebihan, maka akan membahayakan janin ibu di karenakan dosis vitamin A yang terlalu tinggi akan menyebabkan bayi lahir tidak normal dan juga akan menderita keracunan hati.

4. Karbohidrat

Kebutuhan kalori pada ibu hamil sangat besar, sekitar 60% berasal dari karbohidrat. Karbohidrat itu sendiri sangat membantu pembentukan energi, sedangkan energi itu sangat di butuhkan dalam masa pembentukan sel sel janin, plasenta, metabolosme tubuh, cadangan lemak, dan pembentukan pembuluh darah.

Tetapi, Bagi ibu hamil di larang mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak, akibatnya akan terjadi pada dirinya, sedikit informasi bahwa karbohidrat yang berlebih akan mengakibatkan kadar gula naik sehingga akhirnya akan menjadikan resiko obesitas dan resiko diabetes.

5. Protein

Asupan gizi yang cukup memanglah sangat di butuhkan bagi ibu hamil. Kekurangan gizi dapat menyebabkan calon bayi memiliki berat badan yang rendah. Jadi, kondisi si bayi akan di pengaruhi dari makanan sehat yang di konsumsi oleh ibu hamil.

Hanya berbeda 10 gram dari orang lain pada umumnya, lebih banyak ibu hamil yang membutuhkan 60 gram unsur protein di setiap harinya. Manfaat tomat mentah untuk ibu hamil ini memiliki protein yang cukup dan sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Manfaat konsumsi banyak protein ialah, 

  • Membantuk pembentukan cairan ketuban dan sel janin agar sempurna
  • Berperan dalam pembentukan darah
  • Pembentuk sel antibodi untuk ibu hamil dan calon bayi
  • Pertumbuhan jaringan dan plasenta hingga sel otak
6. Solanin, Saponin, Asam Sitrat, Bioflavanoid, Asam Folat, Likopen, A dan b-karoten

Fungsi senyawa yang berada di dalam tomat ialah untuk menjaga kesehatan ibu dan menjaga perkembangan janin pada ibu hamil.

Seperti diatas penjelasan mengenai manfaat tomat untuk ibu hamil tua yang dapat Admin sampaikan. Untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan janinnya alangkah baiknya untuk selalu mencukupi asupan yang di perlukan oleh ibu hamil serta konsumsi asupan yang baik seperti tomat agar mendapatkan manfaat tomat untuk ibu hamil.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Manfaat dan Kandungan Tomat yang Baik Untuk Ibu Hamil Tua!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel